Kamis, 26 Februari 2015

Cara-Cara Merawat Printer Supaya Lebih Awet

Cara merawat printer - Pada umumnya suatu barang elektronik itu bisa berumur sampai 5 tahun lebih, tetapi di berbagai perusahaan besar umumnya ada siklus pergantian unit atau upgrading pada elektronik yang minimalnya sampai 3 tahun sekali. Oke, sekarang saya akan sedikit membagikan bagaimana cara merawat printer agar lebih awet dan kualitasnya juga tetap terjaga. Berikut ini saya akan ulaskannya :



Cara Merawat Printer #1 :
Kita mungkin pernah alpha dengan manual instructions. Pada umumnya printer harus diperlakukan khusus terutama pada saat pertama kali pembelian. Ibarat membeli sebuah telephone / hanphone ada langkah-langkah yang mungkin aman untuk dilakukan sebelum pemakaian. Misalnya dengan memasang cassing anti gores yang akan melindungi cassing asli dari goresan.
Nah begitu juga sama halnya dengan printer. Misalkan, pada printer Canon PIXMA E400 ini kalian harus melakukan test printing aligment yaitu untuk mengukur garis lurus yang di hasilkan oleh printer. Apabila tidak sesuai harapan bisa dilakukan pembersihan head chardtridge, tetapi ini sangat jarang terjadi di awal pembelian printer. Apabila garis sudah putus-putus karena pemakaian wajar dan usia printer, maka proses kalibrasi atau cleaning head bisa juga dilakukan untuk memperoleh hasil cetak yang bagus.
Untuk printer yang sudah di lengkapi adanya fasilitas scanner, tentu tidak hanya sekedar test print page, namun harus dilakuakan test sacanning (pemidaian). Jika proses pemindaian ini di abaikan biasanya printer tersebut tidak akan beroprasi. Artinya langkah tersebut memang harus dilakukan.
Cara Merawat Printer #2 :
Sebuah printer juga akan bekerja dengan bagus dan ber kualitas dengan baik tentunya harus menggunakan part original. Salah satunya adalah catridge. Memang sekarang ini banyak sekali catridge yang lebih murah tapi justru resikonya terjadi pada penurunan usia printer dan juga hasil cetaknya. Jadi, jika kita ingin membeli maka harus pintar-pintar dalam memilih sebuah printer.
Cara Merawat Printer #3 :
Untuk mencegah tinta kering maka sebaiknya minimal seminggu sekali kalian gunakan printer untuk mencetak dokumen. Sementara scanner tidak apa-apa digunakan sesuai kebutuhan. Sementara itu berbeda dengan tinta infusnya, kadang bisa bocor. Jadi printer sama halnya seperti motore/mobil butuh panaskan dahulu seminggu sekali jika itu tidak sering di gunakan yaitu untuk mecegah tinta kering. Jika kalian tidak akan menggunakan dalam jangka waktu yang sangat lama, lebih baik copt catridge dan simpan pada tempat yang kering.
Cara Merawat Printer #4 :
Kurangi percetakan dengan mode fast draft, jika hal tersebut dilakukan secara berkala maka akan berpengaruh pada kualitas head catridge. Lebih baik menggunakan dengan mode normal. Boleh menggunakan mode fast draft tetapi jangan ke seringan, dan sebaiknya tidak menjadi pilihan utama kalian untuk menggunakan mode tersebut.
Cara Merawat Printer #5 :
Gunakanlah kertas sesuai kebutuhan, jika semakin tebal kertas maka akn semakin banyak juga menyerap tinta. Ingat, kertas daur ulang tidak di sarankan, karena pori-porinya lebih banyak menyerap tinta kecuali kalian menggunakan printer jenis Laser.
Cara Merawat Printer #6 :
Jangan sampai ada benda kecil yang masuk ke roller printer, seperti clip, staples bahkan mungkin pin kecil dan koin. Roller sangat sensitif karena bertugas menarik kertas, jika macet diusahakan jangan menarik kertas di bagian depan maupun belakang. Hal yang harus dilakukan adalah menekan tombol cancel berulang-ulang, jika tetap tidak bisa kalian bisa mecoba me restart printer agar seacara otomatis kertas keluar.
Nah, itulah cara merawat printer. semoga dapat di ambil manfaatnya dan menjadikan wawasan bagi kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar